Polres Balangan Gelar Simulasi Antisipasi Kerusuhan Pilkada

PARINGIN (eMKa) – Polres Balangan menggelar kegiatan simulasi sebagai langkah antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya kerusuhan saat pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Kabupaten Balangan pada Desember mendatang.

Menurut Kapolres Balangan, AKBP Nur Khamid, kegiatan simulasi yang dilaksanakan di komplek perkantoran Tugu Maritam tersebut dihadiri tim dari Polda Kalsel pada Jum’at (26/6) lalu.

“Simulasi dilaksanakan untuk mengecek kesiapan personel Polres Balangan dalam mendukung kelancaran dan keamanan Pilkada serentak pada Desember mendatang,” ujarnya saat dihubungi, Sabtu (27/6).

Dalam simulasi tersebut digambarkan terjadi kericuhan oleh sekelompok massa saat pelaksanaan Pilkada.

Hal tersebut, katanya, untuk melihat kesiapan Polres Balangan dalam melakukan penanganan seandainya saat Pilkada nanti benar-benar terjadi aksi.

“Disini terlihat kesiapan dan ketangguhan personil Polres Balangan jika nantinya ada hala-hal yang tidak diinginkan saat Pilkada atau pasca Pilkada,” katanya.

Ia menambahkan, pihaknya telah melakukan tahapan persiapan dalam mewujudkan kelancaran pelaksanaan Pilkada.

“Beberapa simulasi telah dilaksanakan seperti pengawalan tim Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan penanganan apabila ada hal-hal yang tidak diinginkan seperti menghadapi massa pengujuk rasa atau pendemo,” tambahnya.

Meskipun hingga saat ini tidak terindikasi kemungkinan terjadinya kerusuhan saat Pilkada mendatang, namun langkah antisipasi dipandang penting dilakukan. (dri)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*