LAPSUS: Empat Tahun Kepemimpinan Ansharuddin – Syaifullah, Capaian RPJMD Balangan 101,27 Persen

EMPAT tahun pasangan Ansharuddin dan Syaifullah sebagai Bupati dan Wakil Bupati,  Kabupaten Balangan berhasil memenuhi capaian Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dengan sangat tinggi, yaitu 101,27 persen.

Dalam upaya pencapaian visi misi terwujudnya kesejahteraan masyarakat, pasangan Ansharuddin dan Syaifullah bukan saja fokus menjalankan program kerja unggulan seperti meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), pembangunan infrastruktur yang berkesinambungan, pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) serta prinsip tata kelola pemerintahan yang baik (good goverment), namun juga terkait masalah pemukiman dan penataan wilayah serta pemerdayaan masyarakat.

Keberhasil pencapaian visi dan misi Ansharuddin dan Syaifullah dapat dilihat dari Laporan Kinerja Instansi Pemerintah Kabupaten Balangan tahun 2019 lalu.

Dalam laporan kinerja tersebut, pencapaian tujuan dan sasaran RPJMD 2016-2021 khususnya tahun 2019 yang merupakan tahun keempat kepemimpinan pasangan Ansharuddin dan Syaifullah, disimpulkan jika  rata-rata pencapaian misi yang tergambar dalam tujuh misi adalah sebesar 101,27%.

Ketujuh misi tersebut masing-masing meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pembangunan pendidikan dan kesehatan, mewujudkan ekonomi kerakyatan yang berkeadilan, mewujudkan pembangunan infrastruktur yang berkesinambungan, pemanfaatan sumber daya alam (potensi daerah) berdasarkan kearifan lokal yang berwawasan lingkungan, mengembangkan sosial budaya kemasyarakatan, optimalisasi pemberdayaan aparatur pemerintah daerah serta mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat dan kepastian hukum untuk terciptanya suasana yang kondusif.

Keberhasilan pencapaian misi itu sendiri menunjukkan bahwa  Pemkab Balangan telah berkomitmen untuk menjalankan secara optimal program-program yang sudah ditetapkan dalam dokumen perencanaan. (dri)