HSS Berkomitmen Jadi Kabupaten Layak Anak

KANDANGAN (eMKa) – Hulu Sungai Selatan semakin meneguhkan komitmen  Kabupaten layak anak dengan adanya Perda Layak Anak yang merupakan perda inisiatif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Penetapan perda tersebut bersamaan dengan penetapan Raperda Perlindungan Hukum masyarakat menjadi perda, Raperda ini juga merupakan inisiatif dewan, sehingga ada dua Raperda yang di tetapkan menjadi Perda.

Menurut Bupati HSS H Achmad Fikry, di Kandangan, Senin (29/6),  dua buah raperda tersebut perlu ditetapkan menjadi perda dan juga akan senantiasa diperlukan dan diharapkan sebagai wujud sinergisitas antara eksekutif dan legislatif dalam pembangunan daerah.

“Keberadaan Perda tentang Kabupaten Layak Anak diharapkan dapat menjadi payung hukum serta menjadi komitmen bersama untuk memenuhi hak bagi anak-anak yang ada di Kabupaten HSS,” katanya, dalam tanggapan akhir, di ruang rapat DPRD setempat.

Dijelaskan dia, dengan adanya Perda KLA diharapkan agar proses perintegrasian komitmen dan sumberdaya, secara menyeluruh dan terencana untuk memenuhi hak anak dapat terwujud.

Selain itu, perda tentang bantuan hukum untuk masyarakat miskin juga menjadi pemberdayaan penting di Kabupaten HSS, agar masyarakat miskin dapat terpenuhi haknya dalam masalah hukum.

Diharapkan perda tersebut dapat mewujudkan hak kondisional warga negara sesuai dengan prinsip persamaan kedudukan di dalam hukum, karena setiap orang berhak memiliki perlindungan dan perlakuan yang sama di hadapan hukum.(wan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*