Desa Trinsing di Teweh Selatan Susun Rencana Pembangunan 2021

MUARA TEWEH (eMKa) – Desa Trinsing,  Kecamatan Teweh Selatan, Kabupaten Barito Utara (Barut), Kalimantan Tengah (Kalteng) lakukan penyusunan Rencana Pembangunan Tahun Anggaran 2021.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Musyawarah Desa di aula Kantor Desa Trinsing,  Selasa (30/6).

Kepala Desa Trinsing,  Heri Mansupardi mengatakan,  dari sembilan rukun tetangga yang ada, harus memberikan usulan masing-masing.

“Usulan-usulan itu nantinya dilakukan melalui perencanaan, baik untuk pembangunan perekonomian maupuan lainnya,” katanya.

Menurutnya,  di Desa Trinsing terdapat areal persawahan yang luas, potensi perikanan dan perkebunan untuk menopang ekonomi warga.

“Penopangnya sudah ada, sekarang tergantung masyarakatnya yang mengelola,” ujarnya.

Ia menambahkan, selain areal persawahan, potensi perikanan dan perkebunan, di Desa Trinsing juga terdapat beberapa perusahaan.

“Keberadaan perusahaan dapat memberikan manfaat bagi warga untuk meningkatkan ekonomi, salah satunya melalui dana CSR yang dikelola bersama,” tambahnya.

Saat ini tercatat delapan puluh persen warga Desa Trinsing berprofesi sebagai penyadap karet yang disituasi pandemi seperti sekarang ini,  sangat berdampak.

Karena itu, warga dianjurkan agar dapat mencari usaha lain dengan memanfaatkan potensi daerah yang ada seperti pertanian dan perikanan. (ban)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*