LAPSUS: Berhasil Implementasikan Kebijakan Daerah, RPJM Pendidikan Balangan Hampir Capai 100 Persen

Pemerintah Kabupaten Balangan, selama empat tahun kepemimpinan Ansharuddin – Syaifullah, telah berhasil mengimplementasikan kebijakan daerah dibidang pendidikan sehingga periode 2019 tercatat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) bidang tersebut hampir mencapai 100 persen.

Pada 2019, RPJM dibidang pendidikan tercatat 91,22 persen dimana hal tersebut menunjukkan kualifikasi pencapaian kinerja yang sangat bagus.

Angka rata-rata lama sekolah pada 2019 berada di angka realisasi 7,27 (berdasarkan data BPS) dari target 7,97.

Untuk angka rata-rata lama sekolah pada 2019 berada di angka realisasi 7,27 (berdasarkan data BPS) dari target tahun 2019 yakni 7,97.

Selain itu, realisasi angka harapan lama sekolah pada 2019 di Balangan tercatat 12,37 dari target 13,12.

Pemkab Balangan melalui Dinas Pendidikan setempat, menerapkan dan mengimplementasikan kebijakan daerah akan pentingnya pendidikan pada semua jenjang, mulai dari PAUD, pendidikan dasar, pendidikan menengah pertama dan mensupport layanan pendidikan menengah atas meskipun hal tersebut menjadi ranah kewenangan Pemerintah Propinsi.

Kebijakan pemerataan akses pada seluruh level atau jenjang pendidikan, salah satunya diwujudkan dengan pendirian PAUD baru dibeberapa desa.

Melalui upaya tersebut, kini jumlah  PAUD di Balangan terus bertambah yang mana hal tersebut selaras dengan kebijakan pemerintah pusat tentang “satu desa satu PAUD”.

Kebijakan pemerataan akses juga dilakukan pada infrastruktur sekolah menengah pertama di daerah terpencil yang  dilakukan secara intensif dan kontinyu oleh Dinas Pendidikan setempat.

Kebijakan pemberian beasiswa bagi semua jenjang pendidikan, bahkan sampai pada level pendidikan tinggi. Hal tersebut dilakukan sebagai motivasi bagi penduduk Balangan agar selalu optimis dan semangat menyelesaikan pendidikan yang ditempuh.

Pemkab Balangan mengeluarkan kebijakan untuk mengalokasikan dana pendidikan lebih banyak. Dampaknya, pengembangan kompetensi tenaga pendidik dapat lebih ditingkatkan yang berimbas pada angka harapan lama sekolah menjadi cukup tinggi.

Peningkatan infrastruktur pendidikan serta kebijakan wajib belajar bagi masyarakat Balangan juga turut menjadi faktor keberhasilan pencapaian indikator tersebut.

Pada 2019 mulai digagas kerja sama LKj dengan native speaker asing, baik lembaga maupun perorangan, untuk meningkatkan kompetensi berbahasa Inggris guru dan siswa di lingkungan Pemkab Balangan.

Dari berbagai program yang dijalankan tersebut, rata-rata capaian sasaran meningkatnya kualitas pendidikan pada 2019 adalah sebesar 92,75%. Sedangkan rata-rata capaian 2019 terhadap 2021 sebesar 75,44%.

Diakui, meski capaian RPJM secara umum sektor pendidikan dan kesehatan secara khusus dicapai dengan baik, namun hambatan atau kendala tetap ada.

Meski begitu, Pemkab Balangan bertekad untuk selalu mengupayakan solusi sesuai dengan regulasi dan evaluasi menyeluruh terhadap apa yang sudah dicapai.

Dengan begitu, arah kebijakan apa yang harus diambil dapat ditentukan dengan baik dan benar, agar visi Balangan dalam mewujudkan masyarakat yang maju dan sejahtera, dapat dituangkan kembali dalam program kerja selanjutnya. (dri)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*