Syaifullah Tamliha Serahkan 50 APD Untuk Puskesmas di Perbatasan Kaltim

TANJUNG (eMKa) – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI fraksi PPP, H Syaifullah Tamliha serahkan 50 pcs Alat Pelindung Diri (APD) untuk puskesmas di perbatasan Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur.

APD lengkap yang terdiri dari baju hazmat, masker, sarung tangan, sepatu bot dan pelindung muka (shield face) tersebut diberikan kepada Puskesmas Jaro di Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong, Selasa (30/6).

Syaifullah Tamliha melalui Tenaga Ahli Anggota DPR RI, Syaifudin Al Ansyari mengatakan, petugas kesehatan merupakan garda terdepan dalam menghadapi covid 19 sehingga harus didukung dalam menjalankan tugasnya.

“Jangan sampai ada lagi petugas kesehatan yang terpapar virus corona ini, maka dari itu kita harus membantu mereka untuk kebutuhan APDnya,” katanya.

Menurutnya, Puskesmas Jaro merupakan puskesmas paling ujung di Provinsi Kalimantan Selatan yang mungkin kebutuhan APD akan sangat banyak.

“Berbatasan langsung dengan Provinsi Kalimantan Timur, tentu puskesmas ini akan memerlukan APD lebih banyak dibandingkan puskesmas-puskemas lain yang tidak berbatasan dengan provinsi tetangga,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Jaro, dr Semiatun mengatakan, bantuan APD tersebut merupakan yang  pertama kalinya diterima dari pihak luar.

“APD ini akan sangat membantu kami menjaga dan melindungi petugas kesehatan dari penularan covid 19. Karena itu, kami sangat berterima kasih sekali,” katanya.

Menurutnya, saat ini Kecamatan Jaro baru memasuki tahapan awal penularan covid 19 yang sebelumnya belum ada masyarakat yang terpapar virus tersebut.

“Selain APD, kita juga membutuhkan rapid test, karena sampai saat ini hanya ada stok tiga rapid test,” katanya.

Padahal, tambahnya, sebagai puskesmas yang berbatasan langsung dengan provinsi lain tentu akan membutuhkan rapid test lebih banyak.

“Kami berharap ada bantuan alat rapid test yang akan disalurkan agar kebutuhan rapid di Kecamatan Jaro dapat terpenuhi,” tambahnya.

Diharapkan, akan ada bantuan selanjutnya yang dapat disalurkan pihak luar seperti yang telah diberikan Syaifullah Tamliha, baik itu APD atau pun rapid test. (yie)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*