RSUD Hasan Basry Kandangan Terima Bantuan Ventilator Dari Adaro

KANDANGAN (eMKa) – RSUD H Hasan Basry Kandangan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menerima bantuan alat ventilator dari perusahaan pertambangan batu bara nasional, PT Adaro Indonesia.

Perwakilan manajemen RSUD H Hasan Basry Kandangan, Taufik Rahman mengatakan, bantuan tersebut merupakan hasil kerja sama PT Adaro Indonesia dengan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI).

“Alhamdulillah kita mendapatkan bantuan ventilator type covent 20 yang memang sangat dibutuhkan disaat pandemi sekarang ini,” katanya di Kandangan, ibu kota HSS, Minggu (26/7).

Menurutnya, bantuan alat bantu pernafasan tersebut disertai dengan pelatihan penggunaannya yang dilakukan secara virtual.

“Pelatihan penggunaan alat tersebut dilaksanakan Sabtu (25/7) lalu yang diselenggarakan PT Adaro Indonesia bekerja sama dengan UI,” ujarnya.

RSUD H Hasan Basry Kandangan sendiri merupakan salah satu rumah sakit rujukan pasien covid 19 di Kalsel.

Karena itu, tambahnya, ketersediaan alat ventilator dipandang sangat dibutuhkan dan sangat membantu dalam upaya penanganan pasien covid 19.

“Pelatihan penggunaan alat tersebut dapat memudahkan kami agar dapat mengoperasikannya dengan baik dan benar, sehingga dapat dimanfaatkan dengan lebih optimal,” tambahnya.

Selain RSUD H Hasan Basry, PT Adaro Indonesia juga memberikan bantuan serupa kepada rumah sakit lain di wilayah Banua Anam dan Tanah Bumbu serta RS Bhayangkara Banjarmasin.

PT Adaro Indonesia sendiri merupakan perusahaan pertambangan batu bara nasional pemegang PKP2B yang beroperasi di Kabupaten Tabalong dan Balangan. (wan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*