11 Desa di Gunung Purei Ikuti Pelatihan eDMC-19 dan eHDW

MUARA TEWEH (eMKa) – 11 desa di wilayah Kecamatan Gunung Purei, Kabupaten Barito Utara (Barut), Kalimantan Tengah (Kalteng) ikuti pelatihan elektronik Desa Melawan Covid-19 (eDMC-19) dan elektronik Human Developmen Worker (eHDW).

Pelatihan yang diselenggarakan bagi Operator eDMC-19 dan Kader Pembangunan Manusia (KPM) tersebut, dilaksanakan di aula Kecamatan Teweh Tengah, Senin (27/7).

Plt Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (SosPMD) Barut, Eveready Noor mengatakan, pelatihan dimaksud untuk mendukung pelaksanaan protokol penanganan wabah Covid-19.

“Hal tersebut tertuang dalam surat edaran Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi nomor 8 tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan penegasan padat karya tunai,” katanya.

Sedangkan pelatihan elektronik Human Developmen Worker (eHDW) bagi operator eDMC-19, bertujuan untuk memastikan layanan intervensi gizi masyarakat pada masa wabah Covid-19.

Menurutnya, kedua aplikasi yang diluncurkan oleh Kemendes PDTT tersebut langsung disampaikan oleh tenaga ahli prorgam dan pemberdayaan masyarakat desa Barut.

“Aplikasi tersebut menjadi syarat pencairan Dana Desa tahap III tahun anggaran 2020,” ujarnya.

Ia menambahkan, pelatihan dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap pengenalan aplikasi eHDW untuk KPM dan tahap eDMC untuk operator.

“Kegiatan pelatihan dilaksanakan di ibukota kabupaten, sebab di wilayah Gunung Purei belum terjangkau jaringan 4G,” tambahnya.

Untuk wilayah Gunung Purei, hanya ada jaringan Telkomsel dan hanya bisa digunakan untuk telpon serta mengirim pesan singkat saja.

Kegiatan pelatihan itu sendiri selain dihadiri Plt Kadis Sos PMD,  juga turut hadir Camat Gunung Purei, Ester, Pendamping Profesional Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD), 11 Kepala Desa se-Kecamatan Gunung Purei dan undangan lainnya. (ban)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*