HUT Adhyaksa ke-60 Kejari Barut Musnahkan Barang Bukti 24 Perkara

MUARA TEWEH (eMKa) – Momentum hari ulang tahun Adhyaksa ke-60, Kejaksaan Negeri Barito Utara (Barut), Kalimantan Tengah (Kalteng), musnahkan belasan barang bukti dari 24 perkara yang telah tertangani.

Acara pemusnahan barang bukti tersebut dipimpin Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Barut, Basrulnas dan diselenggarakan secara virtual di halaman kantor Kejari, Senin (27/7).

Menurut Kajari, kegiatan pemusnahan barang bukti tersebut sudah berkekuatan hukum tetap yang dinyatakan oleh pengadilan.

“Barang bukti yang dimusnahkan merupakan tindak pidana priode Januari hingga Juli 2020 dan dari 24 perkara, dimana 10 diantaranya perkara penyalah gunaan narkoba serta sisanya pidana umum,” ujarnya.

Ia mengatakan, kegiatan pemusnahan rutin dilakukan sebagai bentuk kehati-hatian dalam menjaga barang bukti dan menghindari adanya pelanggaran barang bukti yang rusak.

“Kejaksaan selaku penuntut umum bekerja sama dengan Polres Barut  serta para hakim pada pengadilan Muara Teweh,  terus melakukan perannya dalam melaksanakan penegakan hukum tindak pidana, terutama narkotika,” katanya.

Ia menambahkan, sebagaimana diatur dalam pasal 30 ayat (1) huruf B UU no 16 tahun 2004 tentang Kejaksaan RI yang mempunyai tugas dan wewenang melaksanakan penetapan hakim serta putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

“Dalam arti singkat jaksa merupakan eksekutor, dimana hal tersebut lah yang menjadi dasar dari kegiatan yang kita laksanakan hari ini,” tambahnya.

Kegiatan pemusnahan barang bukti tersebut, selain dihadiri Kajari Barut dan jajarannya, juga turut hadir unsur Muspida setempat. (ban)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*