Satpol PP Balangan Bina Pemilik dan Penjaga Warung Malam Agar Jaga Ketentraman Umum

PARINGIN (eMKa) – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Balangan lakukan pertemuan dengan para pemilik dan penjaga warung malam dalam rangka pembinaan agar dapat ikut serta menjaga ketentraman umum.

Pertemuan tersebut dilaksanakan Satpol PP Balangan bekerja sama dengan Kapolsek dan Danramil Kecamatan Paringin di Aula Kantor Camat setempat, Rabu (29/7).

Menurut Kasat Satpol PP Balangan, Rakhmadi Yusni, pertemuan tersebut dilaksanakan menindak lanjuti laporan masyarakat tentang maraknya warung malam di Desa Dahai, Tabuk, Haur Batu dan Lasung Batu di Kecamatan Paringin.

“Melalui peretemuan tersebut, kita mengupayakan pembinaan kepada pemilik dan penjaga warung malam agar dapat turut serta menjaga ketentraman umum dan ketertiban masyarakat dalam menjalankan usahanya,” ujarnya.

Ia mengatakan, bahwa membuka usaha warung tidak dilarang selagi pemilik dan penjaganya tidak melakukan hal-hal yang bertentangan dengan hukum, norma agama, norma sosial serta tidak mengganggu ketentraman umum.

“Satpol PP bisa saja langsung bertindak tegas dengan menertibkan warung-warung malam tersebut. Namun kami juga mempertimbangkan dampak sosial lainnya,” katanya.

Ia menambahkan, dalam hal ini dibutuhkan dukungan dari instansi terkait lainnya, terutama yang berhubungan dengan dampak sosial dan ekonomi masyarakat.

“Dalam pertemuan itu sendiri disepakati bahwa Satpol PP untuk sementara tidak melakukan penertiban namun dengan beberapa ketentuan yang harus dipenuhi pemilik dan penjaga warung malam,” tambahnya.

Ketentuan-ketentuan yang harus dipenuhi tersebut antara lain bahwa pemilik dan penjaga warung tidak melayani transaksi seks, tidak menjual minuman keras dan obat-obatan terlarang serta mabuk-mabukan.

Juga tidak dibenarkan untuk mengenakan pakaian seksi yang mengundang syahwat, tidak membunyikan musik dan menimbulkan keributan  yang mengganggu masyarakat sekitar.

Disepakati pula bahwa apabila melanggar ketentuan tersebut, maka pemilik dan penjaga warung menyatakan siap untuk ditindak secara tegas oleh aparat yang berwenang. (dri)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*