Tim Pedas Siap Tindak Pelanggar Prokes di Tabalong

TANJUNG (eMKa)  – Tim Penegak Disiplin Kesehatan atau Tim Pedas siap menindak para pelanggar Protokol Kesehatan (Prokes) di Kabupaten Tabalong, ujar Bupati setempat, Anang Syakhfiani.

Hal tersebut disampaikannya saat memberi sambutan pada acara lounching Tim Pedas di halaman Pendopo Bersinar,  Pembataan, Murung Pudak, Tabalong, Rabu (23/9) lalu.

Menurutnya, tugas dan tanggung jawab Tim Pedas antara lain melaksanakan penegakan disiplin Prokes di wilayah masing-masing.

“Tugas dan kewajban Tim Pedas ini berdasarkan Perbup Tabalong No 26 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Peningkatan Protokol Kesehatan Covid-19 dalam tahapan masyarakat yang produktif dan aman di Tabalong,” ujarnya.

Tim Pedas terdiri dari Kodim 1008 Tanjung, Polres Tabalong, Satpol PP Tabalong dan petugas gabungan dari Gugus Penanggulangan Covid-19.

Anang Syakhfiani mengatakan, hal paling mendasar dan penting dalam percepatan penanganan Covid-19 adalah mengubah perilaku masyarakat.

“Bagaimana masyarakat agar dapat terus melakukan perilaku hidup bersih dan sehat, menggunakan masker ketika beraktivitas diluar rumah serta menjaga jarak,” katanya.

Mengingat hal tersebut berkaitan dengan perilaku dan kebiasaan masyarakat, tambahnya, maka perlu ada tindakan yang membutuhkan kerja sama seluruh stakeholder.

“Alhamdulillah kebersamaan tiga pilar di Tabalong dalam perecepatan penanganan Covid-19 ini berjalan dengan baik,” tambahnya.

Dukungan dari pihak swasta juga berperan penting menghantarkan Tabalong ke zona beresiko sedang.

Lounching Tim Pedas dipimpin Bupati Tabalong dengan didampingi Kapolres Tabalong, AKBP M muchdori dan Dandim 1008/Tanjung, Letkol Inf Ras Lambang Yudha.

Selesai acara lounching tersebut dilanjutkan dengan penyemprotan disinfektan menggunakan sepeda motor di tempat-tempat umum, sarana ibadah dan pasar. (yie)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*