DKC Pramuka Tabalong Gelar KDPK

TANJUNG (eMKa) – Dewan Kerja Cabang (DKC) Gerakan Pramuka Kabupaten Tabalong menggelar kegiatan Kursus Pengelolaan Dewan Kerja (KPDK) yang diikuti Pramuka Penegak dan Pandega se-Tabalong.

Menurut Ketua Harian Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Tabalong, Yuhani, KPDK yang berlangsung dari 26 hingga 27 September 2020 tersebut, digelar agar peran Pramuka Penegak dan Pandega dalam memahami struktur dan fungsi mengelola organisasi, dapat meningkat.

“Kegiatan KPDK ini harus dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh seluruh peserta, agar dapat meningkatkan mutu saat bertugas, baik di Gugus Depan maupun di Kecamatan atau Ranting,” ujarnya saat membuka pelaksanaan KPDK di Gedung Informasi di Kota Tanjung, Sabtu (26/9).

Ia mengatakan, ke depan tugas dewan kerja akan semakin berat, sebab mereka akan langsung turun ke lapangan membantu kegiatan di gugus depan sehingga menjadi lebih bagus.

“Mulai 2021 kegiatan kita akan lebih banyak ke pembinaan, karena perlu dilakukan pembenahan dan dibekali kemampuan baik manajemen maupun pengelolaan agar nantinya dapat bekerja dengan professional,” katanya.

Sementara itu, Ketua DKC Gerakan Pramuka Tabalong, Rizaldi Rakhman mengatakan, jumlah peserta yang mengikuti KDPK 2020 ini berjumlah 36 orang yang berasal dari pramuka golongan penegak dan pandega.

“Peserta merupakan perwakilan dari Dewan Kerja Ranting di tiap kecamatan yang masing-masing ranting mengirimkan tiga orang perwakilannya,” katanya.

Menurutnya, dalam kegiatan tersebut peserta menerima berbagai materi seperti pembinaan pramuka penegak dan pramuka pandega, kesakaan, sistem administrasi kwartir dan dewan kerja.

“Selain itu juga diberikan materi tentang perencanaan kegiatan dan anggaran, strategi komunikasi, koordinasi dan kehumasan, teknik pengkaderan serta manajemen resiko,” ujarnya.

Diharapkan, melalui kegiatan tersebut pramuka penegak dan pandega di Tabalong mampu menjadi dewan kerja yang handal dalam mengelola organisasi serta mampu menjadi penerus kaderisasi kepemimpinan kwartirnya. (yie)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*