Bupati H Achmad Fikry Panen Buah Melon di Kebun Milik PKK HSS

KANDANGAN, (eMKa) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry bersama Wakil Bupati  (Wabup) Syamsuri Arsyad, Ketua TP PKK HSS Hj Isnaniah Achmad Fikry dan Wakil I Ketua TP PKK Kab. HSS Srie Astuti Syamsuri Arsyad, melakukan panen buah di di kebun PKK HSS.

Ia mengatakan, buah melon yang dipanen di kebun PKK ini menghasilkan hasil buah sangat memuaskan, dan pihaknya langsung melihat di kebun PKK ternyata sekarang sudah berbuah setelah dua bulan.

“Jadi setiap tahun kebun PKK mengadakan lomba kebun, namun di saat pandemi COVID-19 seperti sekarang tidak kita laksanakan, tapi kebunnya tetap kita pelihara,” katanya, dalam keterangan, Senin (16/11/2020).

Dijelaskan dia, kebun PKK ini merupakan kerjasama beberapa OPD, yakni Dinas Perikanan, Dinas Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan, memberi contoh bahwa pemanfaatan lahan itu penting untuk kepentingan rumah tangga, termasuk ada tanaman obat keluarga.

Jadi 10 program pokok PKK bisa diterapkan sebagian di sini, akan dievaluasi apalagi yang perlu diperbaiki ke depan, sehingga ini bisa menjadi contoh untuk masyarakat yang ingin berkebun.

Selain ditanami buah melon, di kebun PKK tersebut juga terdapat tanaman lainnya, yakni pepaya, jagung dan tanaman toga, dan dalam kesempatan ini bupati juga melakukan tabur benih ikan nila sebanyak 600 ekor benih ikan nila, di dua buah kolam bioflok yang siapkan Dinas Perikanan setempat.

Kepala Dinas Pertanian HSS H Muhammad Noor, mengatakan memang berbagai macam tanaman sayuran dan buah, serta tanaman obat keluarga tumbuh subur di kebun PKK ini.

“Sejak ditanam, tanaman tersebut dirawat pengurus PKK HSS dibantu oleh beberapa OPD terkait, hingga akhirnya buah-buahan dan sayuran tersebut siap panen,” pungkasnya.(wan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*