Bupati HSS Tinjau Warung Bumdes dan WC Ramah Lingkungan

KANDANGAN, (eMKA) – Selepas bersilaturahmi dengan Ikatan Mualimin Masjid dan Langgar (IKMASIL), Bupati Hulu Sungai Selatan  H Achmad Fikry, melanjutkan giatnya dengan memantau inovasi desa warung Badan Usaha Milik desa (Bumdes) tingkat PADes di Desa Sungai Mandala Kec. Daha Utara, dan WC Tripikon di Desa Muning Baru Kecamatan Daha Selatan. Kamis, (19/11/2020).

Lokasi pertama Bupati HSS memantau inovasi desa yaitu warung Bumdes yang terletak di Desa Sungai Mandala Kecamatan Daha Utara tepat berada disamping Masjid Jami Iberahim Daha Utara. Warung yang berjumlah 18 petak tersebut merupakan inovasi milik desa dengan dana yang dikelola untuk kepentingan desa dan sosial.

Setelah Warung Bumdes di Desa Sungai Mandala Kecamatan Daha Utara, Bupati HSS melanjutkan pemantauannya ke Desa Muning Baru yang berinovasi dalam pembuatan WC Tripikon dikelola dengan dana desa kemudian dipasangkan ke rumah rumah warga, khsusunya untuk Rumah Tangga Miskin (RTM) yang ada di Desa Muning Baru Kecamatan Daha Selatan.

Bupati Hulu Sungai Selatan H Achmad Fikry mengatakan pemantauannya hari ini ke dua desa yang ada di dua kecamatan yaitu yang pertama Desa Sungai Mandala Kec, Daha Utara dengan inovasi warung Bumdesnya, dan yang ke dua Desa Muning Baru Kec, Daha Selatan yang berinovasi dengan pembuatan wc tripikon dengan keunggulan ramah lingkungannya.

“Alhamdulillah hari ini kami mampir ke dua desa yang ada di dua Kecamtan Daha untuk memantau inovasinya, yang pertama kami meninjau warung Bumdes yang ada di Desa Sungai Mandala yang berinovasi dengan warung yang berjumlah 18 petak yang dikelola dengan dana desa untuk kepentingan desa dan sosial. Setelah Desa Sungai Mandala, kami lanjut meninjau inovasi Desa Muning Baru Kec, Daha Selatan dengan inovasinya yang sangat luar biasa, yaitu membuat wc ramah lingkungan yaitu wc Tripikon, wc yang memiliki kelebihan dalam prosesnya, yaitu mencampur kotoran dengan kaporit sehingga keluarnya sudah menjadi lumpur, sehingga tidak mencemari sungai atau rawa,” ungkap Bupati HSS.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Desa Muning Baru Gusriadi mengungkapkan inovasinya ini berawal dari arahan Dinas Kesehatan untuk membuat trobosan baru dengan membuat WC Tripikon yang ramah lingkungan ini.

“Berawal dari saran Dinas Kesehatan untuk membuat wc tripikon ini, lalu kami mencoba membuatnya dan memasangkannya ke rumah rumah warga khusunya Rumah Tangga Miskin (RTM) dengan menggunakan dana desa” ucapnya,

Lebih lanjut Gusriadi menjelaskan kelebihan Wc tripikon ini dari wc yang biasa. “Jadi keunggulan WC Tripikon ini terletak dalam prosesnya yang mencampur kotoran dengan kaporit, sehingga yang keluar sudah menjadi lumpur dan tidak mengeluarkan bau, sehingga sungai atau rawa tidak tercemar oleh kotoran” Ucap Kepala Desa Muning Baru.

Dalam pemantauannya tersebut Bupati HSS tidak sendirian, Beliau didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan H. Muhammad Noor.(wan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*