Terapkan Prokes Dengan Baik, Ponpes Dalam Pagar Raih Penghargaan Kemenkes

KANDANGAN, (eMKa) – Berhasil menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam penanganan Covid-19 dengan baik dan sesuai dengan anjuran pemerintah, Pondok Pesantren (Ponpes) Dalam Pagar (Dalpa) Kandangan, mendapatkan penghargaan dari Kementerian Kesehatan‎ (Kemenkes) Republik Indonesia (RI).

“Alhamdulillah, Ponpes Dalam Pagar Kandangan, satu-satunya pesantren di Kalimantan Selatan (Kalsel) yang mendapatkan penghargaan dari Kemenkes RI,” ujar Perwakilan Ponpes Dalam Pagar Kandangan, Ustadz Muhammad Lutfi, pada awak media, Kamis (19/11/2020).

Ia mengatakan, dalam mendukung penerapan prokes penanganan Covid-19, pada awal masuk ponpes s‎emua santri dilakukan rapid test.

Bagi santri yang non reaktif, bisa langsung mondok dan bagi yang reaktif dikembalikan ke rumahnya dan menjalankan karantina.

“Ketentuan itu dilakukan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah daerah melalui Puskesmas Kandangan,” ujarnya.

Kemudian, di waktu istirahat, semua santri diwajibkan untuk menjaga jarak yang telah ditetapkan oleh pihak pondok. Bahkan ketika makan dibuat peraturan tidak boleh saling bergantian alat-alat makan, seperti piring, sendok‎ dan cangkir atau gelas.

“Kami juga menyiapkan vitamin C bagi satri untuk menjaga agar daya tahan tubuh tetap sehat, selama beraktivitas di pondok,” sambungnya.

Untuk antisipasi lain, ia melanjutkan, dalam penanganan Covid-19 selama di dalam ponpes, ‎setiap pagi melakukan senam kesehatan, seperti senam pernapasan sambil berjemur dibawa sinar matahari.

”Dengan menerapkan prokes pencegahan Covid-19, pompes Dalam Pagar Kandangan mendapatkan penghargaan dari Kemenkes RI, karena membantu dalam penanganan Virus Corona,” pungkasnya.(wan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*