Pemerintah Tabalong Berikan Jaminan kepada Anak Korban Covid-19

TANJUNG (eMKa) – Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan KB (DP3AP2KB) Tabalong, akan memberikan jaminan keberlangsungan hidup bagi anak yatim piatu yang orang tuanya meninggal karena terkonfirmasi Covid-19.

Kepala DP3AP2KB Tabalong, H Rusmadi, mengatakan hal ini berdasarkan instruksi dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, yang menginstruksikan kepada seluruh daerah melakukan pendataan terhadap anak yang kehilangan orangtuanya akibat terpapar Covid – 19.

“Kami telah melakukan pendataan sejak akhir agustus 2021 tadi dengan sasaran anak-anak yang orangtuanya meninggal karena Covid,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (9/9/2021).

Pendataan ini dilakukan sebagai upaya perlindungan terhadap hak-hak anak. baik dari segi kesehatan, pendidikan, serta sandang dan pangan.

Dalam rangka melakukan pendataan ini, pihaknya menginstruksikan UPTD PPPA bekerjasama dengan aparat desa untuk mendata di lapangan.

“Saat ini sudah 12 anak yang terdata, yang tersebar di tiga kecamatan, yakni Tanjung, Murung Pudak dan Jaro,” jelasnya.

Pendataan lanjutnya akan terus dilakukan sampai waktu yang belum ditentukan, dan data yang sudah didapatkan akan langsung di input ke pusat, untuk nanti menjadi pertimbangan pihak pusat dalam mengambil kebijakan.

“Data yang sudah didapat akan kami sampaikan ke kementerian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak RI,” jelasnya.

Dan data ini oleh kementrian akan menjadikan bahan untuk mengambil kebijakan lebih lanjut.

Dalam pendataan ini, pihaknya jelas Rusmadi sempat menemui kendala, karena data yang didapat dari pasien yang meninggal karena Covid-19, tidak mencantumkan ada atau tidaknya tanggungan anak.

Dan seringkali alamat yang dimiliki korban yang sudah meninggal tidak lengkap.

Oleh karena itu ucapnya pihaknya meminta pada masyarakat untuk membantu melaporkan jika ada anak di sekitarnya yang kehilangan orang tua akibat Covid-19.

“DP3AP2KB Tabalong juga membuka layanan online bagi korban yang ingin melapor secara mandiri,” pungkasnya.(yie).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*