Warga Desa Padang Batung Kabupaten HSS, Lakukan Tolak Bala Agar Terhindar dari Segala Musibah

KANDANGAN (eMKa) – Berbagai upaya telah dilakukan agar terhindar dari dari penularan virus COVID-19, mulai dari mengikuti anjuran pemerintah tentang penerapan protokol kesehatan hingga ikut Vaksinasi.

Seperti yang dilakukan masyarakat Desa Jembatan Merah, Kecamatan Padang Batung Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), pada Rabu Malam (8/9/2021 ), hampir seluruh masyarakat ikut serta melaksanakan kegiatan yang dinamakan “Pawai Tolak Bala”.

Ritual Tolak Bala secara turun temurun dilakukan dengan cara mengadakan pawai berjalan kaki keliling kampung, dengan membawa obor serta diiringi dengan pembacaan Qasidah Burdah.

Kapolsek Padang Batung, Ipda Firdaus Tarigan yang ikut serta berbaur dengan masyarakat melakukan pawai Tolak Bala mengatakan, apa yang dilakukan masyarakat Desa Jembatan Merah ini adalah sebuah budaya islami yang rutin dilakukan.

“Sehingga apa yang dilakukan ini tentu sangat didukung oleh Polsek Padang Batung yang ikut serta memberikan pengawalan selama kegiatan berlangsung,” tuturnya.

Sementara itu Rahmatullah yang merupakan salah satu panitia juga mengatakan, dengan dilaksanakannya pawai tolak bala ini diharapkan desa mereka bisa terhindar dari segala bala dan musibah yang tidak di inginkan, terutama disaat seperti ini yaitu virus Covid-19.

“Semoga dengan kegiatan ini desa kita bisa terhindar dari segala bala dan musibah,” tutup Rahmatullah.(wan).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*