Kejari Balangan Musnahkan Barang Bukti Hasil Kejahatan

PARINGIN (eMKa) – Kejaksaan Negeri (Kejari) Balangan, memusnahkan barang bukti (BB) dari perkara tindak pidana umum periode Oktober 2020 – Juli 2021, dengan total 72 perkara. di Belakang Kantor Kejari Balangan, Jum’at (10/9/2021)

Diantaranya 36 perkara tindakan narkotika, dengan jumlah barang bukti sabu-sabu seberat kotor 27,74 gram dan Hp sebanyak 35 unit.

Kemudian 12 perkara tindak pidana UU Darurat dan pencurian dengan barang bukti 12 bilah Sajam. 6 perkara tindak pidana UU Kesehatan dengan barang bukti obat daftar G berbagai jenis dengan jumlah sekitar 6.349 butir.

Selain itu, ada juga 4 perkara tindak pidana UU ITE dengan barang bukti 4 unit Hp. 8 perkara tindak pidana perjudian dan penipuan dengan barang buktu diantaranya berupa buku rekap togel, kartu ATM dan 11 Hp.

Kajari Balangan, La Kanna mengungkapkan, barang bukti yang dimusnahkan ini sudah memeroleh hukum tetap. “Barang bukti harus kita musnahkan sesuai dengan prosedur yang ada,” ujarnya.

Menurut dis, pemusnahan barang bukti ini sebagai bentuk transparansi informasi publik, serta menjalin sinergi antar instansi pemerintah dan masyarakat.

Pemusnahan dilakukan dengan cara di bakar, pemotongan menggunakan gerinda dan pemusnahan narkoba dilakukan dalam blender. Turut hadir dalam menyaksikan pemusnahan BB ini Kapolres Balangan, AKBP Zaenal Arifin, Ketua Pengadilan Negeri Balangan, perwakilan BNN Kabupaten Balangan dan lainnya.(dri)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*