Diguyur Hujan Deras dan Air Sungai Meluap, Jembatan di Desa Ni’ih Ambrol

KANDANGAN (eMKa) – Jembatan di Desa Ni’ih Hulu Banyu Kecamatan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) kembali mengalami ambrol.

Kejadian itu disinyalir karena hujan deras yang mengguyur seluruh wilayah di Kabupaten HSS pada minggu (12/9/2021) sejak pagi hingga menjelang pukul 11.00 Wita.

Sekretaris Desa Hulu Banyu Kecamatan Loksado, HSS, Yusranto, menyampaikan bahwa kejadian ini terjadi sekitar pukul 9 pagi disaat hujan deras masih berlangsung.

Ia juga mengatakan, air sungai meluap serta banyak tumpukan kayu yang hanyut terbawa arus sungai hingga menumpuk pondasi jembatan.

Akibat banyaknya tumpukan kayu serta derasnya arus sungai, hal inilah yang mengakibatkan pondasi jembatan tidak bisa lagi menahan dan akhirnya mengakibatkan jembatan menjadi ambrol pada bagian kiri dan kanan dengan kedalaman ambrol mencapai 5 meter.

Ambrolnya jembatan di desa Ni’ih Hulu Banyu Kecamatan Loksado ini, ditambahkan Yusranto adalah yang kedua kalinya terjadi pada tahun 2021. Kejadian serupa juga terjadi akibat hal yang sama.

Dengan ambrolnya jembatan yang menghubungkan ke beberapa desa di Kecamatan Loksado ini, dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PU-TR) setempat, sudah melakukan upaya agar jembatan bisa kembali di fungsikan  meski penanganan secara sementara sambil menunggu penanganan yang lebih intensif lagi.(wan).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*