Angka Kasus Kriminalitas Umum di HSS Turun Signifikan di 2023, Ini Penjelasan Kapolres

  • Whatsapp

KANDANGAN (eMKa) – Angka kriminalitas konvensional di kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) selama 2023 mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Hal tersebut disampaikan Kapolres HSS AKBP Leo Martin Pasaribu saat menggelar konferensi pers akhir tahun, pada Sabtu (30/12). Melihat dari data, ia mengklaim penurunan kasus terjadi secara signifikan.

Bacaan Lainnya

“Penurunannya sekitar 25 kasus dibanding 2022. Waktu itu ada 152 kasus. Tahun ini ada 127 kasus. Maka persentasenya turun 16 persen,” ujar Leo kepada awak media.

Perkara penipuan, penggelapan, dan masalah yang serupa lainnya mendominasi angka kejahatan umum di tahun ini. Totalnya ada 68 kasus. Selanjutnya, ada penyalahgunaan senjata tajam yang jumlahnya 26 kasus. Kemudian disusul pengungkapan tindak pidana judi tahun 2023 mengungkap delapan kasus.

Selain itu, terjadi kasus menonjol selama tahun 2023, yaitu terjadi di bulan Oktober 2023 lalu, tindak pidana percobaan pembunuhan terhadap anggota Intelkam Polres Tapin. “Di mana kita ketahui TKP kasus ini di halaman Wisma Hamawang Jalan Hantarukung, Desa Tibung Raya, Kecamatan Kandangan,” ucapnya.

Menurut dia, terhadap percobaan pembunuhan berencana ini telah berhasil ditangkap pelakunya, penangkapan dilakukan bersama dengan rekan kita dari Polisi Militer (POM) TNI.

Satu tersangka sudah dilimpahkan dan ditangani denpom, dan yang satu tertangkap lagi diproses di kepolisian, dan satu tersangka lainnya masih berstatus DPO. “Rencana di awal-awal tahun ini akan segera kita lakukan penangkapan terhadap yang bersangkutan,” bebernya.

Pihaknya juga merasa perlu menyampaikan kepada masyarakat, adanya kegiatan peningkatan patroli, dengan kegiatan peningkatan pelayanan kepada masyarakat, ternyata membawa hasil positif yang cukup signifikan.

Hasil positif tersebut dengan terjadinya penurunan angka kriminalitas atau jumlah tidak pidana, serta di sisi lain pihaknya juga berupaya untuk selalu profesional, menambah keterampilan.

“Hal ini terus kita lakukan supaya penyelesaian-penyelesaian terhadap kasus yang ada itu bisa berjalan dengan cepat, dan dilaksanakan sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. (dmo/jrx)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *