Bawaslu Tabalong Gandeng PWI dan Lembaga Penyiaran Publik untuk Sukseskan Pemilu 2024

  • Whatsapp

TANJUNG (eMKa) – Bawaslu Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan (Kalsel) menggandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan lembaga penyiaran publik setempat dalam upaya mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

Hal tersebut diwujudkan dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU) tentang Pengembangan Pengawasan Partisipatif dan Keterbukaan Informasi Publik Dalam Penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024 yang dilaksanakan di aula Sekretariat PWI Tabalong, Selasa (21/6).

Bacaan Lainnya

Menurut Ketua Bawaslu Tabalong, Hirsan, selain PWI, pihaknya juga bekerja sama dengan TV Tabalong dan Radio Suara Tabalong.

“MoU ini bertujuan untuk mewujudkan kerja sama yang sinergis antara Bawaslu, PWI, TV Tabalong, dan Radio Suara Tabalong agar dapat menyelenggarakan Pemilu 2024 yang demokratis, bermartabat dan berkualitas,” ujarnya.

Tidak hanya itu, katanya, Bawaslu juga ingin meningkatkan transparansi dan partisipasi masyarakat di Tabalong.

“Ruang lingkup nota kesepahaman itu untuk mengembangkan pengawasan partisipatif dengan cara mendorong masyarakat agar ikut berperan dalam penyelenggaraan Pemilu 2024,” katanya.

Diharapkan, pada pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang, dapat diwujudkan proses penyelenggaraan dan pemilihan yang terbuka, jujur serta adil dengan prinsip keterbukaan informasi publik.

Koordinator Divisi Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Tabalong, M.Fahmi Failasopa menambahkan, melalui nota kesepahaman diharapkan dapat menunjang tugas pengawasan bagi Bawaslu sebagai Penyelenggara Pemilu.

“Kita juga ingin menjungkung tinggi sikap independen rekan-rekan media dalam melakukan pemberitaan maupun penyiaran suatu peristiwa atau fakta pada penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang,” tambahnya.

Menanggapi hal itu, Ketua PWI Tabalong, Sabirin HA Sukran Nafis menyambut baik adanya kerja sama tersebut.

“Kita siap mendukung Bawaslu mensukseskan pengawasan dalam pelaksanaan Pemilu dan Pilakda serentak 2024 mendatang,” katanya.

Hadir pada acara tersebut, Pimpinan Bawaslu Kalsel, Azhar Ridhani, perwakilan Pemkab Tabalong, Ketua KPU, Ardiansyah dan Ketua DPRD, H Mustafa. (ra/yie)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *