BKPSDM Balangan Kembangkan Layanan Kenaikan Pangkat Berbasis IT

  • Whatsapp

PARINGIN (eMKa) – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Balangan mengembangkan layanan usulan kenaikan pangkat ASN berbasis IT di lingkungan Pemerintah Kabupaten Balangan.

“Sebagai instansi yang tupoksinya menjalankan manajemen kepegawaian dan pengembangan SDM aparatur, kita terus berupaya meningkatkan layanan cepat, mudah, efektif, dan efisien,” ujar Kepala BKPSDM Balangan H. Sufriannor, Selasa (21/6).

Bacaan Lainnya

Di BKPSDM sendiri telah menerapkan sejumlah jenis layanan yang berbasis IT dan yang baru dikembangkan layanan pengusulan kenaikan pangkat yang tidak lagi berbasis kertas.

“Dengan layanan berbasis IT ruangan tidak lagi dipenuhi tumpukan berkas, dan lebih hemat biaya” jelasnya.

Sesuai edaran BKN, sistem pengusulan kenaikan pangkat paperless dimulai sejak 2021 menggunakan aplikasi DocuDigital BKN.

Selanjutnya BKPSDM Balangan, sistem tersebut dioptimalkan lagi dengan memanfaatkan cloud atau penyimpanan awan.

“Biasanya kita cuma tahu cloud seperti Google Drive hanya digunakan untuk menyimpan dan berbagi file, ternyata bisa dikembangkan menjadi wadah bersama dengan folder yang terjaga privasinya satu sama lain,” Reza Fahdina selaku Analis SDM Aparatur.

“Yang terpenting mudah diaplikasikan dan efektif, tanpa perlu memikirkan biaya server atau hosting,” lanjut pengelola kepangkatan di BKPSDM Balangan itu.

Ia menjelaskan melalui cloud dengan tautan yang ditetapkan, para pengelola kepegawaian tiap SKPD dapat mengunggah, menghapus, mengganti, atau menambahkan file-file usulan tiap saat.

Demikian pula pengelola kepangkatan di BKPSDM dapat memeriksa dan memverifikasi file-file usulan tanpa dibatasi ruang kantor dan jam kerja formal.

Pemanfaatan cloud seperti ini mendapat sambutan positif dari para pengelola kepegawaian.

“Sistem ini sangat mempermudah kami dari segi waktu dan kecepatan penyampaian usulan,” kata Nanang Hermansyah, pengelola kepegawaian BPKPAD Balangan.

Tanggapan senada juga dikemukakan Kasubbag Umpeg Dukcapil Balangan, Azmi Yuliani kalau sistem ini mempermudah pekerjaan karena tidak perlu bolak-balik ke BKPSDM.

“Selesai menyusun dokumen usulan pangkat maka bisa langsung kami kirim dan tidak perlu bolak-balik ke BKPSDM mengantar file, khususnya apabila ada yang diperbaiki,” ujarnya.

Pengelola Kepegawaian Dinkes PPKB Balangan Ahmad Rahimi menambahkan penggunaan cloud sebagai wadah bersama menjadikan proses pengusulan kenaikan pangkat lebih efektif, efisien, dan terpola.(dri/Jrx)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *