DPRD Tabalong Usulkan Tiga Kandidat Pj Bupati Pengganti Anang Syakhfiani, Siapa Saja?

  • Whatsapp

TANJUNG (eMKa)– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tabalong mengusulkan tiga nama kandidat penjabat bupati jelang tuntasnya masa kepemimpinan Anang Syakhfiani yang akan berakhir pada 31 Desember 2023.

Tiga nama kandidat penjabat bupati ini antara lain Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tabalong Hamida Munawarah, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Kalsel Subhan Nor Yaumil dan Sekretaris DPRD Provinsi Kalsel Muhammad Jaini.

Bacaan Lainnya

Nama-nama kandidat penjabat bupati disepakati dalam rapat usulan pemberhentian kepala daerah dan nama penjabat digelar pada Selasa (14/11) di Ruang Paripurna Gedung Graha Sakata Tanjung.

Ketua DPRD Tabalong Mustafa menjelaskan ini merupakan hasil keputusan rapat paripurna yang disepakati suara mayoritas yakni 7 fraksi yang ada di DPRD Kabupaten Tabalong.

Ia menambahkan, pemilihan tiga nama sesuai ketentuan dari formula sembilan nama. Yakni, DPRD setempat mengusulkan tiga nama, tiga nama dari usulan pemerintah provinsi dan tiga nama oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Mengapa DPRD Tabalong mengusulkan nama Sekda Hamida Munawarah karena yang bersangkutan secara kepangkatan telah memenuhi syarat karena tertinggi di kabupaten. Sedangkan, dua nama pejabat Pemprov Kalsel merupakan putra daerah Tabalong,” tutur Mustafa.

Ketua DPD Partai Gerindra Kabupaten Tabalong ini mengungkapkan tiga nama itu diusulkan ke Gubernur Kalsel agar dilanjutkan ke Kemendagri dan bakal memakan proses selama 30 hari.

“Walaupun yang nanti menentukan dar Mendagri, tapi kami berharap usulan dari tiga nama bisa diterima. Sehingga, salah satu nama akan diangkat menjadi Penjabat Bupati Tabalong,” ucap Mustafa.

Menurutnya, siapa pun yang terpilih nantinya merupakan putra Kabupaten Tabalong sehingga bisa melanjutkan apa yang telah ditorehkan kepala daerah sebelumnya. (yie/jrx)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *