Sukseskan Pemilu 2024, Bawaslu Jelaskan Pentingnya Peran Panwaslucam

  • Whatsapp

PARINGIN (eMKa) – Suksesnya pelaksanaan Pemilu serentak 2024 sangat bergantung dengan peran serta semua pihak, salah satunya peran Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) hingga tingkat kecamatan.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Bawaslu Balangan, Romelyanoor dalam rapat koordinasi (Rakor) yang digelar dalam rangka pengawasan Logistik Pemilu tahun 2024 bersama Panwaslu Kecamatan se – Kabupaten Balangan, Hotel Jelita Tanjung, Selasa, (23/1).

Bacaan Lainnya

“Dalam suksesi lima tahunan ini peran Panwaslu Kecamatan sangatlah penting dalam pengawasan distribusi logistik sampai ke TPS untuk memastikan kelancaran Pemilu 2024.

Distribusi logistik sampai TPS tegaskan harus diawasi secara langsung oleh Panwaslu Kecamatan guna memastikan integritas pemilu.

“Pendistribusian logistik merupakan tahapan kritis dalam persiapan Pemilu. Panwaslu Kecamatan memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan bahwa logistik Pemilu , mulai dari tempat penyimpanan hingga sampai di Tempat Pemungutan Suara (TPS), berjalan sesuai prosedur dan aturan yang telah ditetapkan,” ujar Emel.

Kegiatan ini tambahnya penting dilaksanakan dalam rangka pengawasan tahapan pengadaan dan pendistribusian perlengkapan pemungutan suara, dukungan perlengkapan lainnya, dan perlengkapan pemungutan suara lainnya dalam pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024.

Sementara, Koordinator Divisi (Koordiv) Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas, Eko Agus Saputra menyampaikan bahwa  yang menjadi fokus pelaksanaan pengawasan adalah tepat jenis, ukuran dan spesifikasi, tepat kualitas, tepat jumlah, tepat waktu serta tepat tujuan.

“Melalui pelaksanaan kegiatan ini kita memastikan agar pengadaan dan pendistribusian logistik dalam Pemilu 2024 ini sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku, ” ucapnya.

Selain itu tekannya pengawas Pemilu harus lebih memahami proses pendistribusian logistik ke TPS.

Pengawas Pemilu juga harus memastikan setiap tahapan distribusi ke TPS diawasi secara ketat guna menghindari potensi masalah di lapangan.

Sebagai narasumber, Bawaslu Kabupaten Balangan menghadirkan Nur Kholis Majid yang merupakan Demisioner KPU dan Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan serta Ahmad Turjani Ketua KPU Kabupaten Balangan.(dri/jrx).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *