Antisipasi Bencana Dimusim Hujan, BPBD Balangan Gelar Apel Gabungan

  • Whatsapp

PARINGIN (eMKa) – Sebagai upaya kesiapsiagaan menghadapi bencana dimusim hujan, BPBD Balangan gelar Apel Siaga Gabungan untuk Anstisipasi dan Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Banjir, Tanah Longsor, dan Angin Puting Beliung yang bertempat di Lapangan Tugu Maritam, Selasa (22/11).

Apel Siaga Gabungan dipimpin langsung oleh Bupati Balangan H Abdul Hadi yang turut dihadiri jajaran Forkopimda serta pejabat terkait lainnya.

Bacaan Lainnya

Dalam upacara tersebut, Bupati Abdul Hadi melakukan pemeriksaan terkait kesiapan personel gabungan tersebut serta kelengkapannya.

Menurut Bupati Abdul Hadi, kegiatan ini bukan hanya serimonial belaka, namun upacara kesiapan personil gabungan ini sangat penting digelar, karena berkenaan dengan persiapan baik personel maupun perlengkapannya.

“Dalam apel kesiapan ini, kita dapat mengetahui seberapa jauh kesiapan tim gabungan dan seberapa lengkap peralatan yang dimiliki oleh tim gabungan ini,” ujarnya.

Menurutnya, di antara titik yang selama ini sering terjadi bencana banjir adalah Kecamatan Juai dan Halong serta sekitarnya.

“Kita harus extra mempersiapkan segalanya untuk mengantisipasi bencana yang ditimbulkan dimusim hujan ini, terutama dikawasan yang rentan,” ucapnya.

Berkaca dari kejadian-kejadian sebelumnya, melalui kegiatan ini berharap kejadian bencana dimusim hujan dapat diantisipasi dan dijauhkan dari bencana.

“Kami meminta seluruh instansi terkait tingkat kabupaten, kecamatan sampai desa perkuat koordinasi, baik itu kesiapan, pelengkapan dan logistik,” bebernya.

Bupati H Abdul Hadi juga mengimbau kepada masyarakat untuk turut berperan aktif dalam mengantisipasi bencana misalnya bergotong rotong membersihkan saluran dan saling membantu jika terjadi bencana.(dri/jrx).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *