Bawaslu RI Tinjau Kesiapan Tahapan Verifikasi Faktual Calon Perseorangan di Balangan

  • Whatsapp

PARINGIN (eMKa) –  Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia (RI) lakukan peninjauan kesiapan tahapan verifikasi faktual calon perseorangan di Kabupaten Balangan. Peninjauan dilakukan langsung oleh Ketua Bawaslu RI, Abhan dengan didampingi Ketua Bawaslu Kalsel, Erna Kasypiah, Minggu (5/7).

Menurut Ketua Bawaslu RI, Abhan, ada tujuh kabupaten/kota yang akan dikunjungi terkait monitoring kesiapan pelaksanaan Pilkada serentak pada Desember 2020 mendatang. “Prosesnya nanti ada dua tahapan yang akan dilanjutkan pada 15 Juli mendatang, yakni pemutakhiran data pemilih dan tahapan ini merupakan kontak atau korelasi dengan masyarakat,” ujarnya.

Dikatakan, dalam melakukan pengawasan harus teliti dan benar-benar dikonfirmasi kebenarannya agar menghasilkan data sesuai fakta yang ada, khususnya pada tahapan verifikasi faktual calon perseorangan.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kalsel, Erna Kasypiah mengatakan, pelaksanaan Pilkada kali ini jauh berbeda dibandingkan pilkada sebelumnya. “Saat pandemi Covid-19 ini tantangan kita dalam pengawas lebih berat. Maka dari itu dukungan dari Bawaslu RI, tentu akan memotivasi tugas pengawasan,” katanya.

Diharapkan, penyelenggara bukan hanya Bawaslu tetapi KPU juga harus melaksanakan tugas penyelenggaraan sesuai dengan proses peraturan perundang-undangan dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang wajib digunakan. (dri)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *