DKP3 Balanan Gelar Lomba  Menu B2SA

  • Whatsapp

PARINGIN (eMKa)- Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Balangan menggelar Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman) berbasis pangan lokal di aula Benteng Tundakan, Paringin Selatan, Senin (30/10).

Pelaksana Tugas Kepala DKP3 Balangan Rizkianor Fauzi, menyampaikan lomba ini sebagai upaya bersama untuk berperan aktif dalam menurunkan angka stunting di Kabupaten Balangan.

Bacaan Lainnya

“Terima kasih atas kerja sama dari seluruh pihak baik TP PKK kabupaten, kecamatan dan desa atas terselenggaranya lomba ini,” ungkapnya.

Dengan mengangkat tema Gerakan Makan Enak, Makan Sehat, Makan B2SA, Suka Sayur dan Buah lomba ini diharapkan dapat menekan angka stunting di Kabupaten Balangan.

Dalam menu B2SA tentu memiliki karakteristik yang berbeda dari lomba masak lainnya, karena penilaian lebih berdasar kepada penggunaan sumber karbohidrat selain beras, seperti umbi-umbian, jagung, labu atau pisang.

Selain itu penilaian juga mencakup kreativitas pengolahan dan penyajian menu, cita rasa dan nilai gizi.

Ketua TP PKK Balangan, Sri Huriyati Hadi menyampaikan apresiasinya atas kegiatan tersebut dengan harapan mengedukasi para ibu dalam mengolah bahan makanan agar tetap mempertahankan gizi makanan yang tidak selalu dengan nasi.

“Dengan konsumsi pangan B2SA gizi seimbang terhadap anak-anak di Kabupaten Balangan bisa tercukupi,” jelas Sri.

Sri menambahkan bahan pokoknya bisa kita ganti dengan sesuatu hasil dari tanaman di kebun-kebun sekitar.

Dalam lomba ini Kecamatan Awayan berhasil juara pertama, Kecamatan Paringin di posisi kedua serta posisi ketiga diraih Kecamatan Paringin Selatan.(dri/Mia)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *