Dua Desa yang Melaksanakan Pilkades Serentak di HSS Belum Laporkan Hasil Pleno

  • Whatsapp
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) HSS, Susilo Adiyanto (foto: eMKa/firman)

KANDANGAN (eMKa) – Dua dari 129 desa di 11 kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) yang telah melaksanakan Pilkades serentak pada Kamis (2/6) kemaren, hingga kini masih belum melaporkan hasil rapat pleno desa.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) HSS, Susilo Adiyanto, mestinya hasil rapat pleno desa sudah dilaporkan ke Dinas PMD.

Bacaan Lainnya

“Memang dua desa masih belum melaporkan karena masih dilakukan koordinasi internal oleh penyelenggara di desa tersebut,” ujarnya di Kandangan, ibu kota HSS, Jum’at (3/6).

Namun katanya, pihaknya yakin dalam waktu dekat hal tersebut sudah bisa diselesaikan.

“Untuk tahapan selanjutnya, setelah semua laporan hasil rapat pleno terkumpul, Dinas PMD akan memberikan waktu satu minggu bagi pihak-pihak yang ingin mengajukan keberatan dengan hasil Pilkades,” katanya.

Jenis gugatan, tambahnya, seperti misalnya jumlah surat suara yang dianggap tidak sesuai dengan pemilih yang datang atau masih ada perbedaan persepsi terhadap sah atau tidaknya suara yang dihasilkan.

“Jika tidak ada gugatan, dari Dinas PMD akan menunggu surat usulan dari kecamatan masing-masing untuk membuat Surat Keputusan (SK) Kepala Desa terpilih,” tambahnya.

Setelah itu, akan diatur waktu pelantikan yang rencananya dilaksanakan pada Julia atau Agustus mendatang. (ra/man)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *