Tingkatkan Kapasitas PPID, Diskominfo Gelar Workshop Untuk Petugas PPID

  • Whatsapp

PARINGIN (eMKa) – Dinas Komunikasi dan informatika (Diskominfo) Balangan gelar workshop terkait tugas dan fungsi serta memaksimalkan keberadaan para Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang ada di setiap SKPD Kabupaten Balangan.

Workshop tentang tata kelola PPID ini diikuti oleh para pejabat PPID yang ada disetiap SKPD di kabupaten Balangan. Workshop yang digelar selama empat hari ini mengangkat tema peranan kebijakan Transparansi Data dan Informasi Publik dalam Implementasi Good Governance.

Kepala Diskominfo Kabupaten Balangan Syarif Ubaidillah mengatakan tujuan workshop ini adalah untuk memberikan materi kepada para PPID pembantu dan admin terkait bagaimana tugas mereka. “Pejabat PPID terlebih para PPID pembantu dan admin harus mengetahui dan memahami tugas-tugas mereka sebagai pengelola PPID,” ujarnya.

Terlebih ungkapnya peran PPID ink sangat dibutuhkan dalam mendorong transparansi informasi publik. Karenanya mereka harus faham mana informasi yang wajib diumumkan tanpa diminta dan mana informasi yang dikecualikan.

Selain itu tambahnya keterbukaan informasi publik memegang peranan yang sangat signifikan dalam pencegahan korupsi, sehingga harus terus ditingkatkan. Untuk itulah, lanjutnya PPID harus memiliki pengetahuan teknis yang diperlukan, termasuk dalam memutahkhiran daftar informasi publik,  hal mana harus dilakukan setidaknya satu kali dalam setahun. “Antar PPID SKPD harus bisa dan rajin bersinkronisasi, baik secara mandiri maupun dengan fasilitasi dari PPID Utama,” ujarnya.

Narasumber yang dihadirkan dalam pelaksanaan workshop ini adalah Komisioner Komisi Informasi Pusat, Syahyan.(her/HA).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *