Warga Kabupaten Balangan Bisa Menikmati Layanan Home Care Gratis

  • Whatsapp

PARINGIN (eMKa) – Warga Kabupaten Balangan kini bisa menikmati layanan home care gratis di sejumlah pusat kesehatan masyarakat.

Program pelayanan kesehatan  gratis homecare sendiri telah diluncurkan Bupati Balangan, H Abdul Hadi untuk membantu masyarakat yang tidak bisa datang ke fasilitas kesehatan.

Kepala UPT Puskesmas Paringin Dr Hj Aulia Asmi Setiawaty mengatakan sejak Januari 2022 telah terbentuk tim pelaksana home care gratis terdiri atas doktor, perawat, bidan desa, analisis kesehatan dan petugas puskesmas setempat

“Warga bisa menikmati layanan home care gratis baik peserta BPJS atau tidak,” jelas Aulis Kamis (9/6).

Bagi peserta BPJS akan lebih mudah prosesnya jika dilakukan rujukan lebih lanjut dan pasien non BPJS akan dikoordinasikan dengan pihak desa untuk didaftarkan menjadi peserta BPJS.

Warga yang terdata mendapatkan pelayanan home care gratis di UPT Puskesmas Kecamatan Paringin sebanyak 60 orang berasal dari 14  desa dan dua kelurahan.

Pihak UPT Puskesmas Paringin pun telah menetapkan jadwal layanan home care untuk tiap desa dan saat  ini layanan melibatkan lima dokter yang bekerja di dalam gedung atau pun di luar .

“Jadwal home care gratis di desa tiap satu bulan sekali dan tetap memberikan pelayanan di luar jadwal tersebut ,” tuturnya.

Sementara itu rata-rata pasien yang dilayani melalui program ini kebanyakan tidak bisa melakukan aktivitas lagi karena berbagai macam penyakit yang dideritanya.

“Pasien mulai dari lansia, penderita  hipertensi, korban kecelakaan dan warga yang tidak bisa ke fasilitas kesehatan,” sebutnya.

Pihaknya juga terus mengupayakan Home care makin berkembang dan menggiatkan sosialisasi terkait program home care gratis.(dri/Jrx)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *