Lepas Pawai Budaya, Bupati Balangan Buka Secara Resmi Festival Budaya Banua Sanggam (FBBS) 2023

  • Whatsapp

PARINGIN (eMKa) – Dipukulnya gong oleh Bupati Balangan H Abdul Hadi menandai dibukanya secara resmi Festival Budaya Banua Sanggam (FBBS).

Pembukaan dilanjutkan dengan pelepasan pawai budaya yang diikuti ratusan peserta se-Kabupaten Balangan, yang bertempat di Lapangan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Disporapar Kabupaten setempat, Senin (4/9).

Bacaan Lainnya

Bupati Balangan H Abdul Hadi dalam sambutannya mengapresiasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang telah bekerja keras dalam menggelar festival ini guna menyediakan wadah bagi warga bumi sanggam unjuk kreasi.

“Mudahnya interaksi antar budaya dari seluruh dunia mengantarkan kita pada sebuah era bernama era globalisasi, dimana nilai-nilai budaya lokal banyak tergerus oleh nilai-nilai budaya luar yang mengglobal, dan secara sangat intensif mencoba menghapus identitas-identitas kedaerahan, menggantikannya dengan keseragaman global,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini Bupati juga menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para peserta, pengunjung, dan pihak-pihak secara langsung maupun tidak langsung terlibat dan mendukung gelaran festival ini.

“Ulun percaya, partisipasi pian semua merupakan wujud dari rasa cinta terhadap kebudayaan daerah kita,” pungkasnya.

Diketahui, Festival Budaya Banua Sanggam tahun 2023 ini dilaksanakan selama 3 hari, dari tanggal 4-6 September 2023, bertempat di Lapangan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Disporapar Balangan.

Dalam kegiatan Festival Budaya Banua Sanggam yang digelar Pemerintah Kabupaten Balangan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ini, terdapat berbagai macam kegiatan mulai dari kegiatan pawai budaya, pameran tradisional, pergelaran tari tradisional, teater tradisional, lomba permainan tradisional, dan terakhir adalah rangkaian kegiatan jelajah cagar budaya Kabupaten Balangan.

Turut hadir dalam pembukaan FBBS ini Ketua TP-PKK Balangan Hj Sri Huriyati Hadi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Balangan Abiji, Kapolres Balangan AKBP Riza Muttaqin, Dandim 1001/HSU-BLG Letkol Inf Dhuwi Hendradjaja, serta seluruh tamu undangan lainnya.(dri/jrx).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *