Wujudkan Pelayanan Bermutu di Laboratorium Kesehatan, Dinkes Barut Gelar Bimbingan I Akreditasi UPT Labkesda

  • Whatsapp

MUARA TEWEH (eMKa) – Guna mewujudkan pelayanan kesehatan yang bermutu di laboratorium kesehatan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Barito Utara (Barut), Kalimantan Tengah (Kalteng) laksanakan Bimbingan I Akreditasi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda).

Kegiatan yang dihadiri Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Barut, H Siswandoyo, Sekretaris Dinkes, Pariadi, Tim Pembimbing Akreditasi Labkes Kementerian Kesehatan, drg Irfan Arifin M Kes dan dr Alexander K Ruslim SpPk tersebut dilaksanakan di aula Bappeda Litbang, Senin (18/10).

Menurut Kadinkes Barut, H Siswandoyo, kegiatan bimbingan I Akreditasi untuk UPT Labkesda  dilaksanakan untuk membantu laboratorium kesehatan dalam persiapan akreditasi laboratorium kesehatan.

“Baik persiapan dari sisi penyiapan dokumen regulasi, dokumen bukti maupun implementasi standar akreditasi laboratorium kesehatan,” ujarnya.

Dikatakannya, Labkesda dengan sudah terakreditasi nantinya akan dapat melaksanakan uji klinis dan melaksanakan pengujian kesehatan lingkungan.

“Diantaranya pengujian kesehatan udara dan limbah serta juga dapat menjadi penambah pemasukan bagi daerah,” katanya.

Dalam proses bimbingan, laboratorium kesehatan didampingi secara detil klinis penerapan satandar dan penyusunan dokumen akreditasi laboratorium kesehatan.

Selain itu, tambahnya, juga diberikan bimbingan akreditasi berupa analis situasi, pendampingan pembuatan dokumen dan penyiapan implementasi standar menajemen serta standar teknis akreditasi Labkesda.

“Mengingat pentingnya kegiatan tersebut, tambahnya, pimpinan dan seluruh staf labolatorium diwajibkan berhadir dan bersunguh-sungguh mengikuti serta harus menindak lanjuti setiap masukan dan arahan dari pembimbing,” tambahnya.

Terdapat enam tahapan persiapan bagi laboratorium kesehatan Barut untuk akreditasi, masing-masing workshop persiapan akreditasi, monitoring dan evaluasi kesiapan akreditasi, bimbingan I akreditasi, bimbingan II akreditasi, pra survey serta survey akreditasi.

Hingga saat ini, laboratorium kesehatan Barut telah memasuki tahapan ketiga. (ban)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *