Ratusan Siswa Dan Guru Ikuti Sosialisasi Pengawasan Pemilu

  • Whatsapp

PARINGIN (eMKa)– Ratusan siswa dan guru di Kabupaten Balangan mengikuti sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif 2024 yang dilaksanakan Bawaslu setempat di Al Fatah Stable Paringin Selatan, Rabu (17/1).

Eko Agus Saputra selaku Koordiv Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas menyampaikan materi pengenalan peran siswa dalam kehidupan berdemokrasi dan pengawasan penyelenggaraan pemilu.

Bacaan Lainnya

Dihadapan peserta, Eko mencontohkan, implementasi sederhana dari pengawasan penyelenggaran pemilu bisa dilakukan dalam pelaksanaan tahapan pemilihan Ketua OSIS.

“Dari Pemilihan Ketua OSIS, siswa akan belajar bagaimana proses demokrasi dan belajar bagaimana menggapai tujuan Pemilu yang demokratis, jujur, dan adil,” ucap Eko.

Beliau berharap, kegiatan semacam ini bisa menjadi trigger bagi pemilih muda, sehingga kemudian setelah kegiatan ini para pemilih muda dapat berkontribusi dalam pengawasan penyelenggaran pemilu di lingkungan tempat tinggalnya.

“Pemilih muda akan menjadi perpanjangan tangan, mata dan telinga pengawas pemilu,” tutur Eko.

Sementara itu, Koordiv Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Mizwar Ilhamy berikan apresiasi kepada pihak sekolah yang telah terlibat pada kegiatan ini.

Menurut beliau, Bawaslu Kabupaten Balangan berkomitmen penuh dalam memberikan edukasi tentang pengawasan penyelenggaraan pemilu dengan pemilih muda di lingkungan sekolah.

Menurutnya hal tersebut bisa menjadi modal dasar untuk memperkenalkan bagaimana tata cara pengawasan penyelenggaraan pemilihan umum.

“Sikap keterbukaan dan kejujuran serta cara menyikapi bentuk pelanggaran dalam proses pemilihan adalah merupakan wujud dari implementasi aksi nyata dari sebuah sistem demokrasi,” ungkap Mizwar.

Sebagai informasi kegiatan ini menghadirkan narasumber dari akademisi dan kalangan profesional di Kalimantan Selatan, Dosen tetap Universitas Muhammadiyah Banjarmasin Muhammad Abdan Syakura, S.Pd, M,Pd,I serta Koordinator Akademi Pemilu dan Demokrasi Rahmadiansyah, S.Sos.(dri/Mia)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *