Dukung e-Government, Pemkab Barito Utara Tambah Kapasitas Internet

  • Whatsapp

MUARA TEWEH (eMKa)– Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Barito Utara Mochamad Ikhsan, menyatakan pihaknya tengah berencana menambah bandwidth besar-besaran untuk layanan jaringan instansi pemerintah paerah.

Hal ini bertujuan mematangkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau e-government yang andal serta mengentaskan beberapa desa yang masih terdapat blank spot.

Menurutnya, sistem pemerintahan berbasis ektronik harus didukung dengan koneksi internet yang baik dan cepat serta dapat dinikmati oleh berbagai kalangan.

Sebagai langkah konkret, pihaknya menyediakan bandwidth tambahan sebesar 1 gigabyte lebih untuk mendukung komunikasi dan aplikasi SPBE yang digunakan. Termasuk beberapa zona internet publik (ZIP) yang telah dan akan dikelola Diskominfo Barito Utara.

Dijelaskannya, lewat penambahan kapasitas internet, layanan e-kinerja, perizinan dan layanan lainnya diharapkan dapat digunakan dengan lancar dan didukung oleh TIM NOC Diskominfosandi dengan ketersediaan bandwidth besar.

“Selain itu, di luar angka bandwidth 1 gigabyte tadi, kami juga menyediakan internet desa yang dapat dinikmati oleh masyarakat daerah terpencil yang tidak ter-cover oleh provider melalui Linda Batara,” sambung Mochamad Ikhsan.

Saat ini lanjut dia, Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Barito Utara berhasil menghubungkan 27 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melalui jaringan fiber optic pada anggaran 2023 tadi bekerjasama dengan PT. Telkom sebagai media bandwidth internet tersebut.

“Penambahan bandwidth yang kami sediakan pada tahun ini sebesar 1 gb lebih akan kami bagi rata pada setiap OPD sesuai kebutuhan existing. Misalnya satu OPD memohon untuk menambahkan bandwith 30 Mbps dan kami lihat data traffic maksimalnya hanya 8 Mbps, maka kami berikan 10 Mbps,” kata dia.

“Hal ini kami lakukan untuk efisiensi bandwith mengingat Diskominfosandi masih menyediakan bandiwith bagi server dan internet desa” tutup Mochamad Ikhsan. (ban/jrx)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *